Sistem Informasi Managemen Rumah Sakit (SIMRS)

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nonor 82 Tahun 2013 dijelaskan bahwa Setiap Rumah Sakit wajib menyelenggarakan SIMRS atau Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Aplikasi penyelenggaraan SIMRS yang dibuat oleh Rumah Sakit harus memenuhi persyaratan minimal yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Seiring dengan perjalanan kegiatan operasional rumah sakit, dijumpai banyak sekali kendala yang menimbulkan permasalahan yang mengganggu aktifitas palayanan. Karena sebagian aktifitas masih dilakukan secara manual, tentunya dapat mempersulit dan memperlambat petugas rumah sakit untuk melayani pasien, baik yang akan berobat, rawat inap, rawat jalan, instalasi gawat darurat, instalasi bedah, rekam medis, dan layanan-layanan lainnya yang diperuntukkan untuk masyarakat. Selain masalah tersebut, Rumah Sakit juga akan kesulitan dalam kebutuhan pelaporan untuk internal dan untuk external dan mengatur buku besar sampai neraca keuangan yang menjadi dasar untuk laporan keuangan.

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), Kteknologi HealthCare System adalah produk yang kami miliki yang dibangun untuk dapat memenuhi semua kebutuhan sistem informasi untuk menunjang seluruh  layanan operasional Rumah Sakit, fitur yang terdapat dalam produk kami antara lain.


Gambar 1. Menu Utama SIMRS Kteknologi HealthCare System

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS), Kteknologi HealthCare System memiliki 29 (dua puluh sembilan) modul yang terintegrasi, artinya tidak akan ada pasien dengan data ganda, pasien yang melakukan pendaftaran akan menggunakan data yang sama ke bagian rekam medis, bagian pemeriksaan, bagian kasir dan sampai ke bagian keuangan, tentunya saat ini data menjadi aset yang sangat berharga bagi Rumah Sakit serta Dinas terkait.

  1. Modul Registrasi Modul registrasi digunakanuntuk melakukan pendataan pasien, dilengkapi dengan 13 Sub Modul (Klik untuk lebih rinci)
  2. Modul Kasir Modul kasir adalah modulyang digunakan untuk melakukan penerimaan pembayaran pasien umum, asuransi dan bpjs, dilengkapi 9 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  3. Modul Apotik dan Depo Apotik Modul apotik adalah modulyang digunakan untuk melakukan berbagai pelayanan yang terkait dengan obat-obatandengan pasien manajement stok obat, laporan pengeluaran, pendapatan, dll, dilengkapi 18 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  4. Modul Laboratorium Modul ini digunakan untukmelayani pasien di bagian laboratorium, dilengkapi dengan 10 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  5. Modul Akuntansi modul dapat digunakan untukmelakukan pencatatan keuangan, pendapatan, pengeluaran dan berbagai hal yang terkait dengan pendapatan rumah sakit, dilengkapi dengan 7 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  6. Modul Personalia Modul ini digunakan untukmemanajemen personalia di rumah sakit yaitu dokter dan pasien, dilengkapi dengan 7 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  7. Modul Radiologi Modul ini digunakan untuk melayani pasien di bagian laboratorium, dilengkapi dengan 9 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  8. Modul Gudang Logistik Modul ini digunakan untuk melakukan manajemen barang-barangyang ada di rumah sakit, dilengkapi dengan 11 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  9. Modul Rekam Medis Modul ini dapat digunakan untuk mencatat data riwayat pasien, pemeriksaan pasien, obat yang telah diberikan beserta sepet dokter. disertai dengan 10 submodul. (Klik untuk lebih rinci)
  10. Modul Poli Rawat Jalan Modul ini dapat digunakandibagian poli untuk melakukan pelayanan kepada pasien, dilengkapi dengan 13 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  11. Modul Administrator Modul ini digunakanuntuk mengatur hak akses dari setiap dokter dan karyawan sesuai dengan tugasmasing-masing, dilengkapi dengan 13 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  12. Modul Rawat Inap Modul ini digunakanuntuk memanajemen kamar rawat inap beserta tagihan pasien yang hendakdibebankan. Dilengkapi dengan 12 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  13. Modul Instalasi Gawat Darurat (IGD) Modul ini digunakan untuk melayanni proses-proses Instalasi Gawat Darurat. dolengkapi dengan 12 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  14. Modul Purchasing Modul ini digunakan untuk memanajement proses-proses permintaan pembelian barang dari setiap unit. dilengkapi dengan 6 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  15. Modul Kamar Operasi Modul ini digunakan untuk manajement pasien, layanan, serta obat untuk pasien yang melakukan operasi. dilengkapi dengan 10 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  16. Modul Back Office Modul ini digunakan untuk melayani seluruh informasi terkait dengan operasional Rumah Sakit. dilengkapi dengan 7 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  17. Modul Gizi Modul ini digunakan untuk manajemen dan melayani kebutuhan gizi pasien pasien. dilengkapi dengan 9 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  18. Modul Kamar Bersalin Modul ini digunakan untuk memanajement persalinan pasien, serta proses-proses layanan. dilengkapi dengan 9 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  19. Modul Fisio Terapi Modul ini digunakan untuk memanajemen t proses layanan-layanan fisioterapi. dilengkapi dengan 8 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  20. Modul Penjamin Modul ini digunakan untuk memanajement penjamin / asuransi, serta tarif, layanan dan obat yang dijamin asuransi. dilengkapi dengan 10 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  21. Modul Kardiologi Modul ini digunakan untuk manajemen dan melayani proses kardiologi pasien. dilengkapi dengan 13 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  22. Modul Keuangan Modul ini digunakan untuk melakukan proses set tarif layanan, serta laporan-laporan terkait pendapatan dan pengeluaran. dilengkapi dengan 11 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  23. Modul Data Master Modul ini digunakan untuk manajemen dan mengisi data-data utama yang dibutuhkan untuk pelayanan medis dan non medis. dilengkapi dengan 6 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  24. Modul Payroll Modul ini digunakan untuk manajemen dan digunakan untuk membuat slip gaji dan penggajian terdapat 10 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  25. Modul Boga Modul ini digunakan untuk manajemen dan melayani proses makanan bagi pasien rawat inap. dilengkapi dengan 8 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  26. Modul Customer Service Modul ini digunakan untuk manajemen dan melayani proses informasi yang dapat disampaikan kepada pasien atau keluarga pasien terdapat 11 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  27. Modul Unit Transfusi Modul ini digunakan untuk management stok darah dan proses-proses pelayanannya. dilengkapi dengan 11 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)
  28. Modul Evaluasi Kinerja Modul ini digunakan untuk manajemen dan melakukan penilaian terhadap karyawan di rumah sakit. dilengkapi dengan 6 sub modul. (Klik untuk lebih rinci)

Kami akan merasa senag jika anda dapat meluangkan waktu untuk mencoba program  Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)Kteknologi HealthCare System dengan versi demo, silahkan hubungi kami :)

 

Membagikan :